Jasa Kontruksi Bangunan

Arsitektur Moderen


  • Glassgow School of Arts.

Jasa Kontruksi Bangunan – Modernisasi arsitektur di Inggris di pelopori oleh  para pengajar di sebuah sekolah seni, yaitu oleh Glassgow School of Arts. Aliran ini merupakan pengembangan pada aliran ‘Art Noveau’ . Karena oleh mereka Art Noveau dianggap sebagai suatu kemerosotan terhadap karya seni dan kerajinan. Aliran ini mendukung adanya penyatuan antara seni rupa dan seni terapan. Kemudian pencarian bentuk penyederhanaan yang merupakan pencarian utama dalam karyanya.

Gedung Glassgow School of Art di bangun  antara tahun 1898 hingga 1989, pada tahun 1906 diperluas dan kemudian seorang arsitek yang terkenal pada saat itu yaitu,  Charles Reenie Mackintosh, yang kemudian diminta untuk merancang dan merevisi kembali.

jasa bangun rumah
Proses Pengecoran

Glassgow of Art terdiri dari satu unit tunggal beberntuk sederhana segi empat panjang, terletak dalam lahan kemiringan tinggi. Bangunan ini mengikuti kemiringan lahan yang ada, wajah depan di bangunan gedung di tempatkan pada bagian tertinggi

Kemudian tokoh yang juga mewarisi arsitektur modern di Inggris adalah Charles Francis Annesley Voysey. Tokoh ini adalah seorang pelopor gerakan controversial dalam hal penyatuan antara seni dan kerajinan. Voysey memiliki ciri khas pada rancangannya yang itu bersifat ketepatan, sederhana, tegas hanya menggunakan garis besar, teratur dan sesuai dengan proses produksi missal dengan mesin.

Tiga  rumah karya rancangan Voysey adalah Currer Briggs (1898), The Ochard (1899), Burke House (1905-1906). Ciri dari ke tiga rumah tersebut mempunyai kemiripan. Hal itu dapat dilihat dari segi atap berkemiringan tajam, dinding berwarna terang dengan penyelesaian permukaan dinding kasar, cerobong asap menonjol di luar terlihat sebagai unsure komposisi dalam elemen-elemen lainnya.


  • Modern Socialisme dan Contructivisme

Perkembangan seni dan arsitektur khususnya arsitektur modern di Rusia sejak tahun 1917 hingga tahun 1920an terhalang oleh perang yang terjadi di Rusia. Setelah perang berakhir para arsitektur Rusia mencari kaidah-kaidah arsitektur yang sesuai dengan sosialis dan Negara Sovyet.

 Pada masa itu penekanan pada teknik dan ideology, kemudian ada muncul anggapan bahwa pekerjaan arsitektur seharusnya menggunakan material sepenuhnya, bersamaan dengan itu di tuntut dengan memberikan ekspresi dari ide-ide baru dalam politik emosional. Contructivisme diambil dari kata ‘Contruction’ yang berarti konstruksi. Karena penekanan bangunan dalam segi konstruksi sangat di tonjolkan dalam aliran ini

Sekelompok arsitek Rusia membuat gerakan untuk mendesain bangunan yang di peruntukkan untuk kalangan rezim sosialis yang baru. Kemudian mereka menyebut diri mereka dengan kontruktivis., kaum kontruktivis percaya bahwa desain mereka berawal dari konstruksi dimana penekanan bangunannya pada bentuk abstract dan bagian mesin fungsional.

Aliran ini berangkat dari patung-patung karya Naum Gabo dan Antome Pevsner. Penggagas utamanya adalah Erich Mendelton yang idenya di dapat di rusia. Kemudian diwujudkan di Jerman. Karya Erich Mendelton yang terkenal adalah Einstein tower (1919-1921) yang terletak di kota Postdam. Di dalam karya ini tampilan wujud dominan dalam lingkungan dan kuat akan konstruktif terlihat dengan ditonjolkannya menara yang berbentuk sculpture tetapi fungsional.

Aliran arsitektur ini pengaruhi oleh kekuasaan politik di Rusia, sehingga banyak bangunan pemerintah yang menunjukkan kekuasaan dan kemegahan juga monumental dan formal. Berkembangnya sosialisasi di Rusia di takutkan akan menjatuhkan pihak yang berkuasa oleh karena itu arsitektur pada bangunan pemerintah di buat seperti menempatkan pihak penguasa pada posisi tertinggi

Contructivisme mempertegas nilai-nilai strukturil dan kesan-kesan yang tertampilkan merupakan perwujudan daripada wujud yang ingin di tampilkan. Kesan yang biasa di tampilkan pada aliran ini adalah wujud kekuatan ( konstruktif ) dan berkuasa (dominan di dalam lingkungan). Bangunan ini memiki fitur-fitur :

  • Kaca dan baja sebagai bahan utama
  • Bagian-bagian bangunan merupakan buatan mesin
  • Bentuk geometrisnya abstrack
  • Memiliki rasa gerakan

Di samping itu ada satu karya yang paling terkenal dari aliran arsitektur contructivsm tidak pernah di bangun. Seorang arsitek rusia bernama Vladimir Tatlin merencanakan monument Futuristik Ke 3 International di kota St Petersburg ( di kenal dengan Petergrado ). Bangunan tersebut di sebut dengan Tatlin’s Tower (1919)

Tatlin’s tower menggunakan bentuk spiral. Memiliki makna yang melambangkan revolusi dan interaksi manusia. Di dalam bangunan spiral, terdiri dari 3 unit bangunan berdinding kaca-kubus, sebuah piramida, dan silinder, yang dapat berputar pada kecepatan yang berbeda. Meninggi 400 meter, bangunan ini akan lebih tinggi dari menara Eiffel di Paris.

Di samping itu adapun karya arsitektur yang telah di wujudkan dalam bentuk nyata berserta arsiteknya adalah

  • Ginsburg dan Milinis, House for Employees of the Commissariat of finance’ (1828)
  • Moisei Y. Ginsburg dan, Narkomfin apartments, di moskow (1928)

Banyak orang mengatakan bahwa aliran contrustivism adalah aliran selingan dari pada perkembangan arsitektur modern. Sehingga tidak terlalu membawa perkembangan arsitektur modern. Pada akhir 1920an, aliran ini menyebar ke luar dari rusia, namun perkembangannya terhalang oleh aliran bauhauss yang saat itu sangat populer.


Kesimpulan

Perkembangan arsitektur modern periode 1900-1940 merupaka akibat dari revolusi industrialisasi. Dimana hampir semuanya terjadi di Negara-negara maju, seperti Prancis, Italia, Belanda, Jerman, Inggris, Juga Rusia. Banyak factor yang menyebabkan berkembangnya arsitektur modern. Diantaranya adalah kejenuhan pada bentuk-bentuk lama sehingga mencari idea tau gagasan baru dalam seni. Sehingga muncul aliran-aliran arsitektur yang baru dan mempunyai ciri masing-masing. Di samping itu kebanyakan aliran tersebut di kuasai oleh paham-paham yang timbul di negaranya masing-masing seperti Facism, Leninism, Nazism, dan juga Marxism.


Butuh Jasa Arsitek ? Hubungi Tubaguskencanaarsitek.co.id

Lihat Portofolio Klik Disini

Jasa Arsitek Berkualitas, Desain Eksterior-Interior. Mewah, Sederhana, Cepat, Murah, Detail & Rapi, Free Konsultasi, Lihat Portofolio 100% Puas Menggunakan Jasa Kami

Open chat
Chat Konsultasi Gratis
Powered by