Jasa Kontraktor Rumah Cirebon

jasa kontraktor rumah cirebon

TubaguskenSecara  Jasa Konraktor Rumah Cierbon – Secara umum denah dapat di artikan sebagai suatu gambaran mengenai letak tempat, karena dengan denah akan mempermudah dalam menemukan berbagai macam tempat – tempat tertentu. Atau denah dapat di definisikan dari sudut pandang Arsitektural yakni tampak atas dari suatu bangunan yang terpotong secara horizontal minimal berjarak 1 m, dari ketinggian 0,00, dimana sebuah bangunan dengan bagian atas bangunan tersebut dihilangkan dan denah juga sebagai penunjuk atau untuk memisahkan antara ruangan yang satu dengan yang lain. Denah sangat penting, karena sangat berfunngsi untuk menunjukan Fungsi ruang, susunan ruang, sirkulasi ruang, dimensi ruang, letak pintu dan bukaan, isi ruang, dan fungsi utilitas ruang,.

Hal – hal yang sangat dibutuhkan atau yang harus menjadi pusat perhatian yaitu arah mata angin sebagai patokan nya, yang dimana setiap denah biasanya mata angin menunjukan arah utara, pada denah biasanya dicantumkan nama – nama jalan dan juga tempat – tempat umum. Pada gambar denah presentasi, biasanya bagian dinding yang terpotong hanya diblok dengan warna hitam, sementara kolom di beri warnah putih untuk pembedaan. Sedangkan pada gambar teknik untuk pekerjaan lapangan, bagian yang terpotong tersebut perlu di lengkapi dengan notasi material sebagai pedoman pengerjaan.

Prinsip utama dari gambar denah yaitu ; skalatis, dimana denah di buat berdasarkan ukuran perbandingan dengan aslinya,. Dan dua dimensi dimana denah hanya di lihat sebagai garis – garis yang tidak menampakan kedalaman dalam dimensi ketiganya. Ketentuan dari denah ; garis, memanfaatkan berbagai macam ketebalan garis. Bayangan, untuk menunjukan kesan kedalaman.


Pengertian Denah

Denah dapat di artikan sebagai suatu gambaran mengenai letak tempat, karena dengan denah akan mempermudah dalam menemukan berbagai macam tempat – tempat tertentu.

Atau denah dapat di definisikan dari sudut pandang Arsitektural yakni tampak atas dari suatu bangunan yang terpotong secara horizontal minimal berjarak 1 m, dari ketinggian 0,00, dimana sebuah bangunan dengan bagian atas bangunan tersebut dihilangkan dan denah juga sebagai penunjuk atau untuk memisahkan antara ruangan yang satu dengan yang lain. Denah sangat penting, karena sangat berfunngsi untuk menunjukan Fungsi ruang, susunan ruang, sirkulasi ruang, dimensi ruang, letak pintu dan bukaan, isi ruang, dan fungsi utilitas ruang,


Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Denah

Faktor yang mempengaruhi denah meliputi :


  • Fungsi Bangunan

Sebelum merencanakan sebuah denah kita perlu mengetahui, fungsi bangunan apa yang akan direncanakan denah nya,sehingga pola ruang – ruang dalam denah  sesuai dengan apa yang di fungsikan atau fungsi bangunan tersebut. Karena masing – masing fungsi bangunan memiliki denah yang berbeda – beda.


  • Kebutuhan Ruang

Menentukan ruang – ruang yang di butuhkan sesuai dengan    fungsi ruang dan kebutuhan ruang yang akan direncanakan, sehingga tidak terjadi kekurangan ruang atau kelebihan ruang yang akan menjadi ruang negatif.


  • Standar Ruang

Ruang – ruang yang di rencanakan harus sesuai dengan standar ruang, (data arsitek, jilid 1 dan 2). Sehingga memenuhi standar keamanan,kenyamanan dan tidak melupakan estetika.

Penggunaan standar ukuran juga tidak hanya di lihat dari standar ukuran ruang menurut buku arsitek jilid satu dan dua saja namun sesungguhnya standar ruang biasa nya di sesuaikan dengan standar kenyamanan pemilik karena biasanya standar kenyamanan masing – masing orang berbeda – beda.


  • Penzoningan

Sebelum melakukan perancangan perlu di buatkan penzoningan sehingga  letak ruang dalam denah sesuai dengan zoning yang sudah di tentukan.


  • Sirkulasi

Perhatikan juga sirkulasi udara, karena dalam membuat denah perlu adanya perencanaan bukaan, seperti bukaan untuk sirkulasi udara atau pencahayaan sehingga ruangan akan memiliki tingkat kenyamanan dan kesehatan yang baik.

jasa kontraktor rumah cirebon


  • Tipologi Bangunan

Tipologi bangunan pada dasarnya merupakan pengetahuan yang mengklasifikasikan bangunan kepada beberapa  aspek bangunan tersebut.

Tipologi bangunan sangat berpengaruhi kepada denah, karena saling berhubungan sehingga dapat sesui dengan bangunan dan tipe nya.


Butuh Jasa Arsitek ? Hubungi Tubaguskencanaarsitek.co.id

Lihat Portofolio Klik Disini

Jasa Arsitek Berkualitas, Desain Eksterior-Interior. Mewah, Sederhana, Cepat, Murah, Detail & Rapi, Free Konsultasi, Lihat Portofolio 100% Puas Menggunakan Jasa Kami

Open chat
Chat Konsultasi Gratis
Powered by